Memilih Lembaga Amil Zakat Yang Amanah

memilih lembaga amil zakat yang amanah
sumber: bsimaslahat.org
Zakat merupakan salah satu ibadah wajib bagi setiap muslim, hal ini tercantum dalam rukun Islam yang ke-4. Dimasa sekarang dimana dunia serba digital dengan teknologi modern membuat proses pembayaran zakat menjadi lebih mudah dengan adanya lembaga amil zakat terpercaya. Namun dalam kenyataannya banyak masyarakat masih merasa khawatir dan ragu dalam memilih Lembaga Ziswaf Profesional dan Amanah untuk menyalurkan zakat dan infak mereka. Hal ini dikarenakan masih adanya penipuan yang mengatasnamakan ibadah seperti sedekah, zakat dan yang semisalnya.

Rasa khawatir masyarakat tidak sepenuhnya salah, bahkan hal yang wajar karena kita memang harus berhati-hati dalam memilih Lembaga Ziswaf Profesional dan Amanah. Laporan keuangan yang kurang transparan membuat banyak masyarakat ragu untuk memilih lembaga untuk menyalurkan zakat karena khawatir uang atau harta yang sudah di amanahkan jatuh ke orang yang salah dan tidak amanah.

Tips memilih lembaga amil zakat yang amanah

Lembaga amil zakat adalah suatu lembaga yang memiliki peran untuk mengelola zakat. Lembaga ini bisa berupa lembaga pemerintah maupun swasta. Lembaga ini nantinya akan mengumpulkan, mendistribusikan dan mengolah zakat yang diberikan oleh masyarakat agar tepat sasaran dan memiliki manfaat yang lebih luas bagi kemaslahatan umat. Beberapa tips yang mungkin bisa dipakai saat memilih lembaga amil zakat antara lain:

1. Resmi dan Terdaftar di Pemerintah

Lembaga amil zakat yang baik tentunya sudah terdaftar secara legal dan resmi di Kementrian Agama Republik Indonesia. Aspek legalitas ini sangat penting karena hal ini menunjukkan bahwa lembaga tersebut sudah diakui dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sebagai lembaga amil zakat.

2. Memiliki struktur kelembagaan dan visi misi yang jelas

Struktur kelembagaan yang jelas bisa menjadi salahsatu acuan untuk menilai apakah Lembaga tersebut kredibel atau tidak. Hal ini juga bisa menjadi indicator tingkat efisiensi suatu Lembaga amil zakat.

Lembaga amil zakat juga harus memiliki visi misi yang jelas. Visi misi bisa juga menjadi salah satu pertimbangan untuk menyalurkan zakat di Lembaga tersebut atau tidak. Dimaan tentunya suatu Lembaga akan melaksanakan dan mewujudkan visi misinya yang merupakan target yang harus dicapai oleh Lembaga zakat tersebut.

3. Memiliki Kejujuran

Kejujuran adalah modal utama dalam kehidupan bermuamalah di masyarakat. Sehingga kejujuran pada setiap pribadi dan menjalankan tugas adalah hal penting. Jujur tidak hanya masalah uang tetapi pada setiap aspek baik administrasi maupun pengelolaan zakat yang jelas. Setiap Lembaga harus menyampaikan hasil pengelolaan secara berkala kepada para muzaki, agar muzaki yang sudah menitipkan amanahnya merasa nyaman dan aman dalam membelanjakan hartanya.

Bukan lagi rahasia dimana diluaran sana ada oknum lembaga zakat yang menggunakan dana yang diamanahkan oleh muzaki untuk kepentingan kelompok bahkan individu dari Lembaga tersebut yang tentunya hal tersebut bertentangan dengan prinsip Lembaga dan agama.

Memilih lembaga pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) dan dana sosial serta dana CSR (Corporate Social Responsibility) yang terpercaya, terdepan salah satunya adalah BSI Maslahat

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari Bank Syariah Indonesia dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Go Happy. Program campaignnya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. Donasi bisa dilakukan melalui https://www.bsimaslahat.org/gohappy/ ada beberapa pilihan donasi sesuai kebutuhan antara lain donasi untuk orang tua asuh, pemebrdayaan UMKM, bantuan kemanusiaan dan peduli masjid. InsyaAllah donasi yang dititipkan akan disalurkan secara Amanah kepada yang berhak menerimanya.

Cara berdonasi di BSI Maslahat

Setidaknya ada 3 cara melakukan donasi di BSI Maslahat dimana semuanya dilakukan secara online tanpa harus jauh-jauh dating ke kantor yaitu melalui website BSI Maslahat, BSI Mobile ataupun jadiberkah.id berikut kami jabarkan salahsatu cara berdonasi melalui Website sebagaimana dikutip dari website bsimaslahat.org:
  1. Pilih kategori donasi (Zakat/Infaq/Wakaf)
  2. Pilih program donasi yang dituju dengan klik Donasi sekarang
  3. Masukkan jumlah nominal donasi yang diinginkan, kemudian klik Bantu Donasi
  4. Isi data diri pada halaman Checkout, lalu klik buat pesanan
  5. Pilih metode pembayaran (Scan QRIS untuk e-wallet atau ATM/Bank transfer)
  6. Selesaikan transaksi pada aplikasi yang digunakan
  7. Klik tombol saya sudah bayar pada website lalu tunggu sistem melakukan konfirmasi
  8. Transaksi donasi selesai

Demikian artikel tentang memilih Lembaga amil zakat yang Amanah semoga bermanfaat.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url