Halaqah 32: Hasyr/Pengumpulan (Bagian 2)

Halaqah 32: Hasyr/Pengumpulan (Bagian 2)
Di Padang Mahsyar akan didekatkan matahari sejarak 1 mil sehingga manusia mendapatkan kesusahan yang sangat. Mereka berkeringat sesuai dengan kadar amalannya, yaitu kadar dosanya. Ada yang keringatnya sampai:
• Kedua mata kaki
• Kedua lututnya
• Pinggangnya
• Bahkan ada yang sampai mulutnya.
(Hadits shahih riwayat Muslim)

Salah seorang rawi Sulaim Ibn ‘Āmir, beliau mengatakan:
◆ Demi Allah saya tidak tahu apa yang Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam maksud dengan 1 mil di sini; apakah “jarak” atau “mil” yang berarti alat pencelak mata.
Dan Allah ‘Azza wa Jalla adalah Dzat Yang Maha Mampu untuk melakukan segala sesuatu. Di dalam waktu yang sangat lama di Padang Mahsyar mereka menunggu hari keputusan. Satu hari di sana seperti 50.000 tahun di dunia.

Namun Allah Azza wa Jalla akan meringankan hari tersebut bagi orang-orang yang beriman. Allah Subhānahu wa Ta’āla berfirman :

تَعۡرُجُ ٱلۡمَلَـٰٓٮِٕڪَةُ وَٱلرُّوحُ إِلَيۡهِ فِى يَوۡمٍ۬ كَانَ مِقۡدَارُهُ ۥ خَمۡسِينَ أَلۡفَ سَنَةٍ۬
 
“Para malaikat dan Jibril akan naik kepada Allah Subhānahu wa Ta’āla pada waktu dimana satu hari di sana seperti 50.000 tahun di dunia.” (QS Al Ma’arij: 4)

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan bahwasanya:
Orang yang tidak membayar zakat hartanya, dia akan tersiksa dengan hartanya tersebut sampai hari keputusan.

Disebutkan di dalam hadits tersebut bahwasanya satu hari di situ seperti 50.000 tahun di dunia. Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda:

يَقُوْمُ النَّاسُ لِرَبِّ الْعَالَمِيْنَ مِقْدَارَ نِصْفِ يَوْمٍ مِنْ خَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ فَيَهُونُ ذَلِكَ اليوم عَلَى الْمُؤْمِنِ كَتَدَلِّي الشَّمْسِ لِلْغُرُوْبِ إِلىَ أَنْ تَغْرُبَ
 
“Manusia akan berdiri untuk Allah Rabbul ‘Alamin pada saat itu selama setengah hari dari 50.000 tahun di dunia. Dan akan diringankan bagi orang yang beriman.
Setengah hari tersebut seperti waktu antara menjelang tenggelamnya matahari sampai tenggelamnya matahari.” (Hadits shahih riwayat Ibnu Hibban)

Di dalam hadits yang lain Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam mengatakan :

يجمع الله الأولين والآخرين لميقات يوم معلوم قياما أربعين سنة ، شاخصة أبصارهم إلى السماء، ينتظرون فصل القضاء
 
“Allah akan mengumpulkan orang-orang yang dahulu dan yang akhir pada waktu yang diketahui, dalam keadaan berdiri selama 40 tahun, dalam keadaan tajam pandangan mereka memandang ke langit menunggu waktu keputusan dari Allah ‘Azza wa Jalla.” (Hadits shahih diriwayatkan oleh Thabrāni di dalam Al Mu’jamul Kabīr)

⇒ Ada yang mengatakan bahwa perbedaan waktu tersebut tergantung amalan seseorang di dunia.
Wallahu A’lamu bishshawāb.

Dan saat itulah manusia menyadari bahwa kehidupan dunia hanyalah sesaat saja. Allah Subhānahu wa Ta’āla berfirman:

وَيَوۡمَ يَحۡشُرُهُمۡ كَأَن لَّمۡ يَلۡبَثُوٓاْ إِلَّا سَاعَةً۬ مِّنَ ٱلنَّہَارِ يَتَعَارَفُونَ بَيۡنَہُمۡ‌ۚ
 
“Dan pada hari di mana Allah Subhānahu wa Ta’āla akan mengumpulkan mereka. Mereka merasa seakan-akan mereka tidak tinggal di dunia kecuali sekejap saja di siang hari dan pada saat itu mereka saling mengenal di antara mereka.” (QS Yunus: 45)
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Beriman Kepada Hari Akhir]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url