-->

Masyarakat Madinah Sebelum Hijrah

Post a Comment
Yatsrib adalah nama lama dari kota Madinah, daerah yang subur & banyak air dikelilingi oleh Al Harroh dari 4 arah mata angin.

Al Harroh adalah daerah yang berbatu hitam seperti terbakar_.
Al Harroh di sebelah barat Madinah dinamakan Al Wabiroh.
Al Harroh di sebelah timur dinamakan Waqim.

Gunung Uhud di sebelah utara kota Madinah & di sebelah barat dayanya bukit ‘Air. Yatsrib ini adalah kota lama diantara yang sudah lama tinggal disana adalah orang-orang Yahudi & orang-orang Arab dari suku Aus dan Khazraj.

Adapun orang-orang Yahudi maka mereka mulai berdatangan sejak abad pertama dan kedua masehi, mereka meninggalkan Syam, melarikan diri dari kekejaman orang-orang Romawi kemudian mereka membuat perkampungan di kota Madinah dan sekitarnya.
 
Disana ada 3 kabilah Yahudi di kota Madinah, yaitu Bani Nadir, Bani Quraidah dua kabilah ini tinggal di Harroh Waqim yang merupakan daerah paling subur di Madinah. kemudian yang ketiga adalah Bani Qoinuqo, jumlah pasukan perang 3 kabilah ini kurang lebih 2000 orang dan mereka menguasai kota Madinah baik secara politik, ekonomi maupun pemikiran.
 
Adapun orang-orang Arab yang datang ke kota Madinah setelah orang-orang Yahudi yaitu suku Aus dan Khazraj maka mereka terpaksa menempati tempat lain yang tidak ditinggali orang Yahudi dimana tempat tersebut kurang subur, orang-orang Aus dan Khazraj menisbahkan diri mereka ke Suku Al Asd dari Yaman yang meninggalkan negeri Yaman sejak kurang lebih tahun 207 M, ada yang mengatakan mereka hijrah dari Yaman karena runtuhnaya bendungan Ma'rif dan terjadinya banjir besar.

Suku Aus tinggal di samping Bani Quraidah dan Bani Nadir di daerah Awali yaitu suatu daerah yang agak tinggi di kota Madinah, sedangkan Suku Khazraj tinggal disamping Bani Qoinuqo di sebuah daerah yang rendah di kota Madinah. tempat tinggal Suku Aus lebih subur daripada Suku Khazraj.
 
Jumlah pasukan suku Aus dan Khazraj kurang lebih 4000 orang, karena jumlah yang banyak inilah orang-orang Yahudi yang sudah tinggal sebelumnya di kota Madinah khawatir dikuasai oleh orang-orang Arab tersebut maka mereka berusaha menyulut permusuhan dan peperangan diantara orang-orang Aus dan Khazraj.
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Sirah Nabawiyah]

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel
Radio Insani 88.8 fm Purbalingga