Halaqah 16: Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat (Bagian 5)

Halaqah 16: Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat (Bagian 5)
Diantara ibadah malaikat setelah tasbih dan mendo’akan adalah:

3. Menghadiri Majelis Dzikir
Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda,

إن لله تبارك وتعالى ملائكة سيارة فضلا يتبعون مجالس الذكر فإذا وجدوا مجلسا فيه ذكر قعدوا معهم وحف بعضهم بعضا بأجنحتهم حتى يملؤا ما بينهم وبين السماء الدنيا فإذا تفرقوا عرجوا وصعدوا إلى السماء

“Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’āla memiliki malaikat-malaikat tambahan yang senantiasa berjalan mencari majelis-majelis dzikir. Maka apabila menemukan majelis di dalamnya ada dzikir, para malaikat tersebut duduk bersama mereka. Dan mereka saling menaungi dengan sayap mereka sehingga memenuhi antara mereka sampai langit dunia. Maka apabila mereka berpisah (yaitu selesai dari majelis dzikir tersebut), naiklah para malaikat tersebut ke langit.” (HR Bukhari dan Muslim, dan ini adalah lafazh Muslim)

⇒ Maksud dari majelis dzikir di sini adalah orang-orang yang berkumpul dalam rangka berdzikir kepada Allah, seperti majelis ilmu dan bukanlah majelis dzikir yang diadakan dengan cara yang tidak sesuai dengan sunnah Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam.

4. Malaikat Mendengarkan Khutbah
Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda,

إذا كان يوم الجمعة كان على كل باب من أبواب المسجد الملائكة يكتبون الأول فالأول فإذا جلس الإمام طووا الصحف وجاءوا يستمعون الذكر
“Apabila hari Jum’at maka di setiap pintu diantara pintu-pintu masjid ada malaikat-malaikat yang menulis yang pertama-tama datang kemudian yang selanjutnya. Kemudian apabila imam duduk mereka melipat lembaran catatan dan datang untuk mendengarkan dzikir.” (HR Bukhari dan Muslim)

5. Mereka Mengatakan “Aamiin” Ketika Imam Mengatakan “Aamiin ” di Dalam Shalatnya dan Mengatakan “Allahumma Rabbana Lakal Hamdu” Ketika Imam Membaca “Sami’allahu Liman Hamidah”.
Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda,

إذا أمن الإمام فأمنوا، فإنه من وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه

“Apabila imam membaca ‘Aamiin’ maka bacalah ‘Aamiin’, karena barangsiapa yang bacaan Aamiin-nya bersamaan dengan Aamiin malaikat, diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dan Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda,

إذا قال الإمام سمع الله لمن حمده فقولوا اللهم ربنا لك الحمد فإنه من وافق قوله قول الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه

“Apabila imam membaca ‘Sami’allāhu liman hamidah’ maka katakanlah ‘Allahumma Rabbana lakal hamdu’ karena barangsiapa yang ucapannya bersamaan dengan ucapan malaikat diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)
***
[Disalin dari materi Halakah Silsilah Ilmiah (HSI) Abdullah Roy Bab Beriman Kepada Malaikat]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url